Minggu, 01 November 2015

MAKALAH DASAR - DASAR REKAYASA TRANSPORTASI

MAKALAH
PERMASALAHAN PERKEMBANGAN TRANSPORTASI DI INDONESIA

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata kuliah Dasar-dasar Rekayasa Transportasi



 














Disusun Oleh :
Reza Adillah
157011054


TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SILIWANGI
2015-2016


Jalan Siliwangi No.24 Tasikmalaya 46115 Tlp. (0265) 330634 – 333092 | Fax : (0265) 325812

Website : http://unsil.ac.id | email : info@unsil.ac.id







KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah mengenai “Permasalahan Perkembangan Transportasi di Indonesia” untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Dasar-dasar Rekayasa Transportasi.
Karya Ilmiah ini diharapkan mampu membantu saya dalam memperdalam mata kuliah Dasar - dasar Rekayasa Transportasi dalam kegiatan belajar dan juga dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, Karya Ilmiah ini diharapkan agar dapat menjadi bacaan para pembaca agar menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab atas perkembangan trasportasi di indonesia dan juga bisa membantu pemerintah dalam penanganan setiap permasalahan dari perkembangan transportasi.
Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan karya ilmiah ini dengan tulus dan  ikhlas. Semoga Karya Ilmiah  ini dapat bermanfaat, khususnya bagi saya dan pembaca. Amiin

Cianjur, 02 November 2015


Penulis


                                                                                                                                        


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................................... i
KATA PENGANTAR.................................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................... 1
1.1.Latar Belakang Masalah............................................................................................. 1
1.2.Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1.Proses Perkembangan Transportasi di Indonesia......................................................... 2
2.1.1.  Masa penjajahan............................................................................................................. 2
2.1.2.  Masa kemerdekaan......................................................................................................... 2
2.1.3.  Masa orde baru............................................................................................................... 3
2.1.4.  Masa reformasi................................................................................................................ 3

2.2.Permasalahan Perkembangan Transportasi Indonesia................................................... 4
2.2.1.  Polusi............................................................................................................................... 4
2.2.2.  Konsumsi energi............................................................................................................... 4
2.2.3.  Kemacetan....................................................................................................................... 5
2.2.4.  Kecelakaan lalu lintas....................................................................................................... 5
2.2.5.  Masalah politik................................................................................................................ 6
2.2.6.  Kurangnya fasilitas transportasi........................................................................................ 6
2.2.7.  Ledakan penduduk.......................................................................................................... 6
2.2.8.  Berkurangnya sumber daya alam....................................................................................... 7

2.3.Penanganan Permasalahan Transportasi....................................................................... 7
2.3.1.  Transportasi berkelanjutan................................................................................................ 7
2.3.2.  Penerapan ERP (Electronic Roadpricing)........................................................................ 9
2.3.3.  Green trasportation...................................................................................................... 10


2.4.Manfaat Perkembangan transportasi.......................................................................... 12
2.4.1.      Mempermudah serta mempercepat perjalanan.................................................................. 12
2.4.2.      Membantu pendistribusian barang..................................................................................... 12
2.4.3.      Pariwisata........................................................................................................................ 12
2.4.4.      Memberi peluang usaha.................................................................................................... 13

BAB III PENUTUP....................................................................................................... 15
3.1.Kesimpulan............................................................................................................... 15
3.2.Saran........................................................................................................................ 15
DAFTAR PUSTAKA.....................................................................................................16



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
Transportasi merupakan urat nadi Pembangunan Nasional untuk melancarkan arus manusia, barang maupun informasi sebagai penunjang tercapainya pengalokasian sumber-sumber perekonomian secara optimal, untuk itu jasa transportasi harus cukup tersedia secara merata dan terjangkau daya beli masyarakat.
Dalam sejarah perkembangannya, alat transportasi yang awalnya manusia hanya menggunakan alas kaki dan tenaga binatang guna mencapai tempat tujuan, kini sejalan dengan laju perkembangan teknologi, beragam kendaraan diciptakan. Udara, darat, air, semua terjamah. Berawal dari rasa keingintahuan manusia terhadap lingkungannya dan mencari tempat yang dapat dihuni untuk memenuhi segala keinginannya, manusia menciptakan alat transportasi. Bahkan demi hasratnya ini bangsa Barat berlayar ke timur menggunakan transportasi.
Di Indonesia perkembangan transportasi mulai dirasakan setelah bangsa asing berdatangan ke Indonesia. Sebelumnya masyarakat Indonesia hanya menggunakan sarana transportasi hewan seperti kuda, lembu, dan sapi untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Setelah datangnya bangsa asing transportasi di Indonesia mulai menggunakan alat gerobak yang beroda. Kemudian perkembangan transportasi Indonesia semakin maju ketika Indonesia mulai dikuasai oleh pemerintah kolonial Belanda. Perkembangan teknologi transportasi di Indonesia terus berlanjut sampai Indonesia merdeka hingga sekarang.

1.2.Rumusan Masalah
1.2.1.      Bagaimana proses perkembangan transportasi di Indonesia
1.2.2.      Apa permasalahan dari perkembangan transportasi di Indonesia ?
1.2.3.      Bagaimana mengatasi permasalahan dari perkembangan transportasi di Indonesia ?
1.2.4.      Apa manfaat dari perkembangan transportasi ?


BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Proses Perkembangan Transportasi di Indonesia
2.1.1.      Masa penjajahan
Perkembangan transportasi di Indonseia tidak dapat dilepaskan dari perubahan-perubahan besar dalam teknologi transportasi dunia. Pengaruuh teknologi dalam bidang transportasi di Indonesia di bawa oleh pemerintah kolonial Belanda dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pengawasan terhadap daerah-daerah yang jauh dari pusat kegiatan pemerintahan. Penemuan-penemuan sarana transportasi dikembangkan di Barat, dalam perkembangannya mulai diperkenalkan dan di bawa ke wilayah koloni oleh kaum penjajah.
Seperti pembangunan jalan raya yang telah dirintis sejak zaman Gubernur Jenderal Daendels ketika berkuasa di Indonesia. Daendels membangun jalan raya pos sepanjang 1.000 km dari Anyer (Banten) sampai Panarukan (Jawa Timur). Pembangunan jalan raya dilakukan untuk membuka daerah-daerah yang terisolasi untuk menghubungkan pusat-pusat industri yang ada di seluruh wilayah Indonesia.
Penemuan mobil oleh Gottlieb Daimeier pada tahun 1887 merupakan temuan teknologi transportasi darat yang telah merubah sejarah transportasi dunia. Di Indonesia, mobil pada awalnya dibawa masuk oleh orang-orang Eropa pada awal abad ke-20. Kepemilikan pun lebih banyak dikuasai oleh orang-orang kaya Eropa dan terbatas di kalangan pribumi.
2.1.2.      Masa kemerdekaan
Tahun 1943 sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, ada angkutan massal yang disebut Zidosha Sakyoku (ZS), yaitu sebuah gerobak yang ditarik seekor sapi. Pada waktu perang dunia dan perang kemerdekaan, sapi tersebut banyak disembelih untuk makan.
Pada awal kemerdekaan, pembangunan rel kereta api dan jalan darat dan perbaikan prasarana jaringan transportasi berjalan sangat lambat, upaya untuk meningkatkan sektor transportasi dilakukan dengan menyita perusahaan-perusahaan angkutan Belanda pada tahun 1957, namun hal itu mengalami kendala akibat berbagai pemberontakan pada akhir tahun 1950-an.
Memasuki tahun 1960-an, sistem angkutan di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat, hal tersebut di dukung pila oleh repelita I yang memusatkan perhatian dan perbaikan prasarana transportasi yang ada. Pembangunan jalan baru dilakukan untuk membuka daerah yang terisolasi agar dapat terhubung dengan pusa-pusat kegiatan.
Upaya untuk pembangunan jalan raya terus dilakukan oleh pemerintah, bahkan tahun 1988 jalan raya yang sudah di bangun oleh pemerintah mencapai 42.982 km. Memasuki tahun 1990, pembangunan jalan difokuskan di daerah-daerah industri dan pusat-pusat pemasarannya. Pada periode ini, pemerintahan telah membangun jalan di Maluku sepanjang 23 km, Kalimantan sepanjang 248 km, Sulawesi sepanjang 46 km, dan Papua sepanjang 152 km.
2.1.3.      Masa orde baru
Pada masa pemerintahan orde baru teknologi transportasi dijadikan sebagai program pembangunan. Hal ini dilaksanakan agar pemerintahan Indonesia dapat memberikan kemudahan bagi rakyat Indonesia untuk mengakses potensi-potensi daerah lain.
 Kebijakan transportasi pertama kali yang dilakukan pemerintah orde baru adalah melakukan ekspor alat transportasi umum berupa bus secara besar-besaran, pembangunan terminal-terminal, serta jalan-jalan raya penghubung antar daerah. Pelaksanaan program ini dilakukan oleh Departemen Perhubungan. Kemudian pemerintahan orde baru membentuk lembaga transportasi darat yaitu Perusahaan Jawatan Kereta Api dan Perusahaan Umum angkutan bus yang disebut Perum Damri.
Seiring dengan munculnya era kebebasan perusahaan-perusahaan transportasi mulai berkembang. Banyak bermunculan perusahaan-perusahaan transportasi di Indonesia. Disamping itu pemerintah juga mendirikan pabrik karoseri atau pabrik perakitan alat-alat transportasi. Pendirian pabrik ini membawa kemajuan tranportasi yang sangat pesat di Indonesia.
2.1.4.      Masa reformasi
Seiring dengan munculnya era kebebasan atau era reformasi perusahaan-perusahaan transportasi mulai berkembang. Banyak bermunculan perusahaan-perusahaan transportasi di Indonesia. Disamping itu pemerintah juga mendirikan pabrik karoseri atau pabrik perakitan alat-alat transportasi.
Pendirian pabrik ini membawa kemajuan tranportasi yang sangat pesat di Indonesia.. bahkan sampai era sekarang transportasi di Indonesia mengalami puncaknya hingga memunculkan masalah kepadatan arus lalu lintas di jalan. Jaan-jalan menjadi padat dengan bertambahnya alat-alat transportasi.
2.2.Permasalahan Perkembangan Transportasi Indonesia
Permasalahan memang selalu muncul dalam setiap bidang, namun permasalahan perkembangan transportasi khususnya di Indonesia cukuplah kompleks, karena transportasi merupakan suatu sistem yang saling berkaitan, maka jika satu masalah yang timbul di satu unit ataupun jaringan akan mempengaruhi sistem tersebut. Dan berikut merupakan permasalahan dari perkembangan transportasi di Indonesia.
2.2.1.      Polusi
Salah satu hasil dari sistem transportasi yang tidak diinginkan adalah polusi yang ditimbulkan. Semakin berkembang transportasi, semakin banyak alat transportasi di Indonesia, maka akan semakin banyak pula polusi yang akan ditimbulkan. Menurut data jasa raharja pada tahun 2007, transportasi penyumbang polusi sebanyak 23,6 %, dan jika dibandingkan dengan tahun sekarang (2015) tentunya persentase transportasi sebagai penyumbang polusi akan semakin meningkat apalagi dengan bertambah banyaknya kendaraan-kendaraan yang memenuhi jalan.
Tingginya angka polusi yang ditimbulkan oleh transportasi dikarenakan beberapafaktor seperti :
a.       Pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor yang seharusnya wajib dilakukan secara berkala tidak berjalan dengan efektif
b.      Kualitas BBM yang rendah
c.       Tingginya pengguna kendaraan bermotor
d.      Tingginya mobilitas manusia di darat
Efek yang paling buruk dari polusi transportasi ini adalah meningkatkan resiko pemanasan global dan kerusakan ozon.
2.2.2.      Konsumsi Energi
Permasalahan energi di Indonesia sama seperti yang dihadapi dunia. Jika tidak ada penemuan ladang minyak dan kegiatan eksploitasi baru, menurut Kementrian Energi dan Sumber Daya bahwa cadangan minyak di Indonesia pada tahun 2008 mencapai 59 tahun, berari jika sekarang tahun 2015 maka cadangan minyak di Indonesia tinggal mencapai 52 tahun. Apalagi jika transportasi di Indonesia terus dikembangkan maka, penggunaan minyak di Indonesia setiap tahunnya pasti akan bertambah banyak, sehingga cadangan minyak di Indonesia bisa dipastikan kurang dari 52 tahun.
Ketika krisis energi terjadi, maka hal ini akan menimbulkan kelangkaan BBM yang kemungkinan mempengaruhi harga BBM di pasaran, tentu hal ini akan semakin menyusahkan masyarakat Indonesia yang didominasi oleh kalangan menengah ke bawah, dan kenaikan harga BBM juga akan mempengaruhi harga kebutuhan rumah tangga lainnya.
2.2.3.      Kemacetan
Kemacetan merupakan salah satu masalah yang dinilai paling mengganggu kenyamanan pengguna transportasi darat, kemacetan dapat mengurangi efektifitas kerja maupun kegiatan masyarakat, memperlambat manusia untuk melakukan aktifitas, meningkatkan polusi udara, serta merupakan pemborosan bahan bakar yang semakin hari semakin menipis. Kemacetan lalu lintas di jalan raya disebabkan ruas-ruas jalan sudah tidak mampu menampung luapan arus kendaraan yang datang serta luasan dari jalan tersebut tidak seimbang dengan jumlah kendaraan yang melintas, itu juga disebabkan karena jumlah kendaraan yang terus meningkat setiap tahunnya.
Hal ini terjadi, juga karena pengaruh hambatan samping yang tinggi, sehingga mengakibatkan penyempitan jalan ruas jalan, seperti : parkir di badan jalan, berjualan di trotoae dan badan jalan, pangkalan becak dan angkitan umum, kegiatan sosial yang menggunakan badan jalan, serta adanya masyarakat yang berjalan di badan jalan, ditambah lagi tingginya aksebilitas kegunaan lahan di sekitar sisi jalan tersebut.
2.2.4.      Kecelakaan Lalu Lintas
Perkembangan transportasi yang terus meningkat juga mengakibatkan kecelakaan lalu terus, menurut data kepolisian Republik Indonesia menyebutkan bahwa sepanjang tahun lalu jumlah korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 31.234 jiwa. Kerugian ekonomi yang diderita akibat kecelakaan yang menelan korban jiwa mencapai Rp.35,8 triliun.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas diantaranya :
a.       Faktor manusia
Faktor manusia sebagai pengemudi merupakan faktor yang paling dominan dalam kecelakaan. Hampir semua kejadian kecelakaan didahului dengan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran dapat terjadi karena sengaja melanggar, ketidaktahuan terhadap arti aturan yang berlaku ataupun tidak melihat ketentuan yang diberlakukan atau pura-pura tidak tahu.
b.      Faktor kendaraan
Faktor kendaraan yang paling sering terjadi adalah ban pecah, rem tidak berfungsi sebagaimana seharusnya, kelelehan logam yang mengakibatkan bagian kendaraan patah, peralatan yang sudah aus tidak di ganti dan berbagai penyebab lainnya.

c.       Faktor lingkungan
Faktor lingkungan juga menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Faktor lingkungan yang sering terjadi karena jalanan basah disebabkan hujan, banyak jalan yang berlubang
2.2.5.      Masalah Politik
Permasalahan politik yang menyebabkan permasalahan transportasi adalah rendahnya pengawasan yang dilakukan oleh Departemen Perhubungan atau pejabat yang memiliki kewenangan. Contoh dari rendahnya pengawasan ini adalah kurang diawasinya tentang kelayakan transportasi, seperti bus yang umumnya lebih dari 20 tahun tapi masih terus diperbolehkan ubtuk beroperasi, kemudian banyaknya kendaraan tanpa STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan.
2.2.6.      Kurangnya Fasilitas Transportasi
Pertumbuhan dan perkembangan suatu kota yang pesat tanpa diikuti dengan pengadaan sistem transportasi yang memadai untuk ukuran kota itu merupakan bentuk besarnya permintaan daripada penawarannya, sebaliknya, cepatnya pertumbuhan sistem transportasi yang tidak sesuai dengan ukuran perkembangan suatu kota, merupakan wujud penawaran lebh besar dari pada permintaan untuk transportasi.
Kondisi-kondisi yang telah disebutkan itu akan berakibat pada timbulnya permasalahan-permasalahn baru dalam sistem transportasi maupun permasalahan perkotaan pada umumya. Tarsito (1997:92)
2.2.7.      Ledakan Penduduk
Ledakan penduduk selalu menjadi isu yang dikaitkan dengan berbagai permaslahan yang ada pada suatu wilayah. Hal ini dikarenakan ledakan penduduk akan meningkatkan tingkat kebutuhan masyarakat, termasuk kebutuhan transportasi. Penduduk akan melakukan mobilitas setiap waktunya, mobilitas yang dimaksud tidak hanya sekedar perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain, namun mobilitas ini lebih ditekankan pada mobilitas yang dimaksudkan adalah pergerakan dalam upaya peningkatan kesejahteraan hidup. Jadi pada intinya, ledakan penduduk akan memicu peningkatan kebutuhan akan alat transportasi atau fasilitas transportasi.
2.2.8.      Berkurangnya Sumber Daya Alam
Perkembangan trasnportasi yang terjadi terus menerus tentunya memerlukan lahan dan juga bahan yang sering kali di ambil dari alam. Contoh, ketika ada pembuatan jalan raya baru, maka pesawahan ataupun juga hutan yang biasanya dijadikan tempat atau lahan pembuatan jalan raya tersebut yang mengakibatkan penggundulan hutan dan semacamnya. Juga pembuatan sarana lain seperti terminal tentunya membutuhkan lahan yang cukup luas, dan biasanya juga pesawahan ataupun hutan yang seringkali menjadi lahan pembuatannya.
 Hal ini juga tentunya akan berdampak negatif kepada hal yang lainnya juga seperti menjadi kurangnya resapan air ketika hujan yang menyebabkan lingkungan menjadi terendam air atau banjir, tanah longsor dan terjadinya bencana alam yang lain. Semakin terus-menerusnya transportasi dikembangkan dan alam yang menjadi korban, maka tidak menutup kemungkinan kalau  sumber daya alam di Indonesia semakin berkurang.

2.3.Penanganan Permasalahan Transportasi
2.3.1.      Transportasi Berkelanjutan
Perencanaan trasnportasi yang berkelanjutan adalah dimana sebuah perencanaan tersebut tidak hanya memikirkan keuntungan dan kepentingan jangka pendek namun juga mempertimbangkan keberlanjutan perncanaan tersebut pada jangka menengah hingga jangka panjang.
Transportasi berkelanjutan merupakan suatu transportasi yang tidak menimbulkan dampak yang membahayakan kesehatan masyarakat atau ekosistem dan dapat memnuhi kebutuhan mobilitas yang ada secara konsisten dengan memperhatikan :
a.       Penggunanan sumber daya terbarukan pada tingkat yang lebih rendah ari tingkat regenerasinya;
b.      Penggunaan sumber daya tidak terbarukan pada tingkat yang lebih rendah dari tingkat pengembangan sumber daya alternatif yang terbarukan.
Sistem transportasi yang berkelanjutan mengakomodasikan akssebilitas semaksimal mungkin dengan dampak negatif seminimal mungkin. Sistem transportasi yang berkelanjutan harus memperhatikan setidaknya tiga komponen penting, yaitu aksesibilitas, kesetaraan, dan dampak lingkungan (wikipedia.org)
Berdasarkan definisi sustainable transportation dari The Centre of Sustainable Transportastion Canada (2002). Sistem transportasi yang berkelanjutan adalah transportasi yang :
a.       Menjadi akses utama yang dibutuhkan oleh individu dan masyarakat agar keamanannya lebih terjaga, manusiawi, tidak mencemari lingkungan, dan memberikan keadilan baik di dalam maupun antar generasi;
b.      Dapat dioperasikan secara efisien; memberikan pilihan moda transportasi dalam mendukung pergerakan aspek ekonomi;
c.       Membatasi emisi pemborosan dalam kemampuan bumi menyerapnya, meminimalkan penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, membatasi penggunaan sumber daya alam yang dapat diperbarui agar kualitasnya tetap terjaga.
Sistem transportasi berkelanjutan lebih mudah terwujud pada sistem transportasi yang berbasis pada penggunaan angkutan umum dibandingkan dengan sistem yang berbasis pada penggunaan kendaraan pribadi. Sistem transportasi berkelanjutan merupakan tatanan baru sistem di era globalisasi saat ini.
Perencanaan transportasi yang berkelanjutan tidak hanya mempertimbangkan  aspek transportasi saja dalam perencanaannya namun aspek-aspek lain seperti ekonomi dan lingkungan. Dengan konsep seperti itu, maka planner dituntut untuk mengerti dan peka terhadap aspek-aspek yang sekiranya menyangkut transportasi yang baik. Dalam hal ini, transportasi yang berkelanjutan memikirkan bagaimana trasnportasi bisa berjalan baik tanpa harus mengobarkan aspek lingkungan tetapi tetap meningkatkan pendapatan ekonomi.
Memang tidak mudah merencanakan transportasi berkelanjutan apalagi melihat kondisi transportasi di Indonesia yang sudah cukup kompleks, khususnya transportasi darat dimana tingkat mobilitasnya jauh lebih tinggi daripada transportasi laut ataupun udara. Beberapa efek yang bisa timbul akibat penerapan perencanaan transportasi berkelanjutan in adalah :
a.       Mengurangi penggunaan BBM dan mengurangi polusi
Hal ini bisa di dapat karena berkurangnya orang melakukanoerjalanan dengan menggunaan kerndaraan bermotor, dengan meningkatkan penggunaan sepeda atau berjalan kaki, hak ini tentu akan berdampak positif pada penurunan tingkat pembuangan polusi ke udara, meningkatkan angka kesehatan pernafasan masyarakat serta mengurangi beban negara dalam pendanaan BBM.
b.      Mengurangi kemacetan
Dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, jumlah kendaraan yang melintasi jalan raya akan berkurang, hal ini bisa mengurangi resiko kemacetan di jam-jam sibuk atau di jalan-jalan tertentu. Diharapkan dampak positif yang akan ditimbulkan dari langkah-langkahnya bisa saling berkaitan, seperti halnya pengurangan kendaraan bermotor yang akan mengurangi kemacetan sehingga mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.
c.       Menjaga kualitas lingkungan untuk masa depan
Generasi mendatang pastinya masih membutuhkan lengkungan alam yang sehat, udara yang bersih dan ketersediaan kebutuhan alam yang cukup. Hal ini tidak akan bisa diwujudkan apabila manusia yang hidup saat ini tidak menjaga lingkungan serta kualitas alam. Perencanaan yang diharapkan tentu merupakan perencanaan yang cerdas, yang tidak hanya mementingkan aspek transportasi, menempatkan transporrtasi sebagai satu sistem yang harus dilaksanakan dengan baik dan bisa mengesampingkan aspek-aspek yang lain.
2.3.2.      Penerapan ERP (Electronic Roadpricing)
Dengan electronic roadpricing, pengguna kendaraan pribadi akan dikenakan biaya jika mereka melewati satu area yang macet pada periode waktu tertentu. Pengguna kendaraan pribadi akhirnya harus menentukan apakah akan meneruskan perjalanannya melalui area tersebut dengan membayar sejumlah uang atau mencari rute yang lain.
Biaya yang dikenakan juga bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada pengguna kendaraan pribadi bahwa perjalanan mereka dengan kendaraan pribadi mempunyai konstribusi terhadap kerusakan lingkungan dan kerugian kepada masyarakat yang tidak menggunakan kendaraan pribadi. ERP diharapkan mampu mengurangi perjalanan dengan kendaraan pribadi dan mengurangi perjalanan yang tidak perlu, terutama pada jam-jam sibuk.
2.3.3.      Green transportation
Green transportation merupakan perangkat transportasi yang berwawasan lingkungan. Green transportation ini merupakan pendekatan yang digunakan untuk menciptakan transportasi yang sedikit atau tidak menghasilkan rumah kaca. Transportasi hijau dapat diterapkan melalui banyak cara, seperti mengganti bahan bakar minyak yang digunakan kendaraan bermotor pribadi, ataupun peningkatan kualitas fasilitas trasnportasi. Cara yang mungkin bisa ditempuh oleh pemerintah Indonesia dalam waktu dekat ini adalah perbaikan fasilitas yang sudah ada, peremajaan ataupun pengadaan fasilitas transportasi yang memang dibutuhkan tetapi jumlahnya masih sangat minim.
Dalam konteks perencanaan kota, konsep ini bertujuan sebagai upaya peningkatan fasilitas bagi komunitas bersepeda, pejalan kaki, fasilitas komunikasi maupun penyediaan transportasi umum massal yang murah dan ramah lingkungan. Contoh penerapan green transportation adalah penerapan bahan bakar untuk kendaraan bermotor yang ramah lingkungan :
a.       Ethanol
Ethanol merupakan alkohol cair dengan bilangan oktana yang tinggi dan mampu menggantikan bensin. Ethanol diproduksi dari sumber daya alam yang dapat dipebaharui seperti jagung di Amerika Serikat dan tebu di Brazil. Menurut studi yang ada, ethanol lebih menguntungkan terhadap lingkungan yang bersih dibandingan dengan bensin premium. Bila produksi etanol sebagai bahan bakar alternatif pengganti bensin semakin digenjor, maka impor bensin akan menurun. Di satu sisi, pemerintah bisa melakukan penghematan, tentu saja harus disertai riset soal pengembangan produk otomotif berbahan bakar etanol.
b.      Bioetanol
Bioetanol adalah bahan bakar nabati yang tak pernah habis selama matahari masih memancarkan sinarnya, air tersedia, oksigen berlimpah, dan kita mau melakukan budidaya pertanian. Sumber bioetanol dapat berupa singkong, ubi jalar, tebu, jagung, sagu, aren, nipah, kelapa dan padi. Sumber bioetanol yang cukup banyak dikembangkan di Indonesia adalah singkong, karena singkong merupakan tanaman yang mudah dijumpai di Indonesia, selain itu harganya juga relatif terjangkau. Langkah ini selain akan menguntungkan pemerintah yang dapat mengurangi pengeluaran dana negara untuk mengimpor BBM atau memberi subsidi untuk BBM, juga akan menguntungkan petani singkong yang pendapatannya tidak terlalu tinggi.
c.       BBG (Bahan Bakar Gas)
BBG merupakan energi alternatif pengganti BBM yang paling prospektif untuk dikembangkan segera, karena :
-          BBG memiliki beberapa keunggulan terhadap BBM, antara lain kaena cadangan gas bumi relatif masih cukup besar dan biaya pengadaan lebih murah dari BBM.
-          Kendaraan yang menggunakan BBG akan memperpanjang usia pemakaian minyak pelumas, mesin dan busi, ramah lingkungan dan aman bagi pemakai.
d.      Elpiji
Selain BBG, kini telah dikembangkan pula Elpiji untuk bahan bakar kendaraan bermotor, ini merpukan bahwa trend bahan bakar tranportasi dimasa mendatang mengarah semakin jelas, yakni bahan bakar yang tidak mencemari lingkungan. Negara yang paling mencolok di bidang pengembangan Elpiji untuk kendaraan bermotor di dunia selain negeri Kincir Angin adalah Selandia Barum Italia, Jepang, Belgia, Kanada, Australia, dan Spanyol. Negara – negara ini telah cukup lama berkecimpung di bidang pengembangan Elpiji untuk kendaraan bermotor.
e.       Biogas
Kotoran ternak dapat dipergunakan sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Lewat proses fermentasi, limbah yang baunya merangsang itu dapat dirubah menjadi biogas. Energi biogas mempunyai kelebihan dibanding nuklir atau batu bara, yakni tak beresiko tinggi bagi lingkungan. Selain itu, biogas tak memiliki polusi tinggi sehingga lingkungan pun makin terjaga.
Namun sayangya, pemanfaatan kotoran ternak menjadi biogas ini masih kalah populer jika dibandingkan pupuk tannaman  dari kotoran tersebut. Padahal dengan teknologi biogas, kandungan zat-zat alami yang terdapat pada kotoran ternak dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan energi yang kian meningkat. Hal ini dikarenakan biogas bisa dipakai untuk apa saja. Mulai dari memasak, lampu penerangan, transportasi hingga keperluan lain yang perlu energi. Apabila biogas telah diaplikasikan secara luas masalah mengenai kekurangan pasokan energi bisa dihindari. Dan urusan lingkungan bisa teratasi
f.       Biodiesel Sawit
Beberapa jenis minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, minyak kedelai, dan minyak sawit juga telah diteliti untuk digunakan langsung sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Beberapa negara Eropa dan merika Seerikat telah mengembangkan dan menggunakan bahan bakar dari minyak tumbuhan yang telah dikonversi menjadi bentuk metil ester asam lemak yang disebut dengan biodiesel.
Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) telah berhasil mengembangkan palm biodiesel dari minyak sawit mentah (CPO), Refined Bleached Deodorised Palm Oil (RBDPO) dan fraksi – fraksi seperti stearin dan olein serta minyak inti sawit. Palm Fatty Acid Destillate (PFAD) yang merupakan hasil samping dari pabrik minyak goreng maupun minyak goreng bekas dari industri rumahan juga telah dikembangkan oleh PPKS sebagai bahan baku pembuatan palm biodiesel.

2.4. Manfaat Perkembangan transportasi
Dibalik permasalahan yang ada dari perkembangan transportasi di Indonesia, tentunya ada beberapa manfaat atau dampak positif dari berkembangnya transportasi di Indonesia ini, berikut adalah manfaat dari perkembangan transportasi :
2.4.1.      Mempermudah serta mempercepat perjalanan
Dengan menggunakan alat transportasi modern. Jarak antara tempat A dan tempat B dapat ditempuh dengan cepat dan mudah. Contohnya dengan mobil ataupun  motor. Dengan adanya alat transportasi modern, jarak antara rumah dan sekolah bisa ditempuh dengan waktu beberapa menit saja. Dahulu jarak rumah dan sekolah bisa ditempuh selama berjam-jam dengan berjalan kaki, kini dengan adanya alat transportasi modern, jarak kedua tempat bisa ditempuh dengan waktu yang singkat dan sangat mudah
2.4.2.      Membantu dalam pendistribusian berbagai jenis barang
Dengan menggunakan alat transportasi modern, pengiriman barang menjadi lebih mudah dan cepat sampai di tempat tujuan. Contohnya pengiriman barang dari satu negara ke negara lain. Dahulu butuh waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mengirimkan sebuah atau beberapa barang dari satu negara ke negara lain menggunakan kapal laut sederhana. Kini dengan adanya pesawat terbang, pengiriman barang tersebut akan sangat cepat hanya beberapa hari saja
2.4.3.      Pariwisata
Dahulu tempat – tempat menarik hanya menjadi impian semata untuk menuju atau pergi kesana karena kendala jarak yang jauh dan juga butuh waktu yang lama untuk sampai kesana dan juga faktor-faktor lain yang dapat menghambatnya menuju kesana. Dengan menggunakan alat transportasi modern, misalnya dengan menggunakan pesawat terbang ataupun kereta api, perjalanan menuju tempat-tempat yang menarikpun akan jauh lebih cepat, terasa dekat dan jauh lebih menyenangkan dan juga efisien waktu dan tenaga.
Contoh ketika kita ingin pergi dari Tasikmalaya menuju ke Aceh. Dengan menggunakan pesawat terbang, perjalanan akan menjadi singkat dan tak menguras tenaga yang berlebihan. Dan karena alat transportasi modernpun, tempat-tempat menarik akan banyak dikunjungi para pelancong-pelancong, baik lokal maupun internasional hingga tempat tersebut menjadi tempat pariwisata karena mudahnya akses menuju kesana
2.4.4.      Memberi peluang usaha
Dengan adanya transportasi modern, dapat membuka berbagai peluang usaha misalnya membuat produk alat transportasi, menyewakan alat transportasi dan peluang usaha lainnya, sehingga dapat memperkecil angka pengangguran.
Contohnya seperti di daerah Cianjur, banyak masyarakat yang menyewakan mobil untuk keperluan jalan-jalan dan yang lainnya. Contoh lain juga di Indonesia kini sudah banyak industri – industri pembuatan alat transportasi modern. Salah satu industri sparepart di Indonesia adalah PT. Astra Honda Motor (AHM), PT. AHM sampai saat ini sudah memproduksi banyak alat-alat transportasi yang dibutuhkan masyarakat
Selain itu menurut Rustian Kamaludin (1986), manfaat transportasi dapat di bagi ke dalam dua bagian yaitu :
a.       Nilai guna tempat (Place Utility)
Yaitu kenaikan atau tambahan nilai ekonomi atau nilai guna dari suatu barang atau komoditi yangdiciptakan dan mengangkutnya dari suatu tempat ke tempat lainnya yang mempunyai nilai kegunaan yang lebih kecil, ke tempat atau daerah dimana barang tersebut mempunyai nilai kegunaan yang lebih besar yang biasanya diukur dengan uang (interens of money)
b.      Nilai guna waktu (Time Utility)
Yaitu kesanggupan dari barang untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan menyediakan barang – barang, tidak hanya dimana mereka membutuhkan, tetapi dimana mereka perlukan.

BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Perkembangan transportasi khususnya di Indonesia memang memberikan dampak positif yang sangat bisa dirasakan oleh masyarakat, bahkan jika Indonesia tidak memperkembang transportasi di Indonesia, bisa saja Indonesia menjadi negara yang tertinggal oleh zaman. Oleh karena itu, perkembangan transportasi memang sangat diperlukan untuk memajukan negara Indonesia ini.
Namun,dibalik transportasi yang hampir setiap saat mengalami perkembangan ini tentunya tersimpan sebuah permasalahan yang sampai saat ini juga belum sepenuhnya teratasi, dan berbagai penanganan pun terus diupayakan agar permasalahan dari berkembangnya transportasi di Indonesia ini tidak menimbulkan dampak negatif namun diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat juga lingkungan.
3.2.Saran
Permasalahan yang timbul dari perkembangan transportasi sampai saat ini memang masih belum sepenuhnya teratasi, namun tetap pemerintah dan masyarakat jangan cuma diam saja, melainkan harus tetap berusaha mengatasi berbagai permasalahan yang ada, salah satunya dengan merealisasikan berbagai penanganan seperti green transportation dan lain-lain agar transportasi bisa terus berkembang dan lingkungan pun tetap terjaga.


DAFTAR PUSTAKA
-     - Kristianto, 2009, makalah plsbt “transportasi darat” - https://krizi.wordpress.com/tag/masalah-transportasi--di-indonesia/. Di akses pada tanggal 17 Oktober 2015
-        -  Handayani R., 2012, TUGAS MAKALAH PERKEMBANGAN TRASNPORTASI DI INDONESIA - http://ayoraihprestasi.blogspot.co.id/2012/11/makalah-perkembangan-transportasi-di.html. Di akses pada tanggal 19 Oktober 2015
-         -  Negara, S.,C., 2014, Perkembangan transportasi Indonesia sejak zaman Penjajahan - http://www.sejarah-negara.com/2014/09/perkembangan-transportasi-darat.html. Di akses pada tanggal 19 Oktober 2015
- - Fredy Galang, 2013, perkembangan ilmu perngetahuan dan teknologi di Indonesia -  http://galangfredy79.blogspot.co.id/2013/11/perkembangan-ilmu-pengetahuan-dan.html. Di akses pada tanggal 19 Oktober 2015
-       - Ramadhany Weny, 2012, Permasalahan Transportasi - http://wenyra.blogspot.co.id/2012/10/permasalahan-transportasi.html. Di akses pada tanggal 19 Oktober 2015
- -NN, 2011, Makalah transportasi - http://mayhamsah-makalah.blogspot.co.id/2011/06/makalah-transportasi.html. Di akses pada tanggal 19 Oktober 2015
-- - Rahayu Srikandi, Pengertian Sistem Transportasi Berkelanjutan - http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-sistem-transportasi-berkelanjutan.html.  Di akses pada tanggal 22 Oktober 2015
-   - SMK Negeri 3 Kimia Madiun, 2009, Bahan Bahan Bakar Alternatif Kendaraan Bermotor - http://smk3ae.wordpress.com/2009/03/29/bahan-bakar-alternatif-kendaraan-bermotor.html. Di akses pada tanggal 26 oktober 2015
-  - Primaswari Widya, 2014, DAMPAK POSITIF TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI - http://widyaprimaswari.blogspot.co.id/2014/10/dampak-positif-teknologi-transportasi.html. Di akses pada tanggal 27 Oktober 2015


1 komentar: